Belajar IPS

Macam-Macam Angin

Tinggalkan komentar

Angin Darat

Angin darat adalah angin yang bertiup dari darat ke laut dan terjadi pada malam hari. Angin darat dapat terjadi karena pada malam hari daratan lebih cepat dingin (bertekanan udara maksimum), sedangkan laut masih menyimpan panas dari penyinaran matahari pada siang harinya (bertekanan udara minimum).

Angin Laut

Angin laut adalah angin yang bertiup dari laut ke darat dan terjadi pada siang hari. Angin laut dapat terjadi karena pada siang hari daratan lebih cepat panas karena pemantulan sinar matahari kembali (bertekanan udara minimum), sedangkan lautan masih bertemperatur dingin karena sinar matahari yang diterima oleh air laut disimpan (bertekanan udara maksimum).

Angin Gunung

Angin gunung adalah udara yang bergerak dari gunung ke lembah dan terjadi pada malam hari. Hal ini dapat trjadi karena tekanan udara di atas lereng gunung pada malam hari lebih tinggi (dingin) dari pada tekanan udara di lembah.

Angin Lembah

Angin lembah adalah udara yang bergerak dari lembah ke puncak dan terjadi pada siang hari. Hal ini dapat terjadi karena tekanan udara di atas lereng gunung pada siang hari lebih tinggi (panas) dari pada tekanan udara di lembah.

Angin Siklon

Angin siklon adalah udara yang bergerak dari beberapa daerah bertekanan udara tinggi menuju ke titik pusat tekanan udara rendah. Gerakan udara ini terlihat berputar dari beberapa daerah bertekanan udara tinggi yang mengelilingi daerah bertekanan udara rendah.

Angin Antisiklon

Angin antisiklon adalah udara yang bergerak dari suatu daerah sebagai pusat bertekanan udara tinggi menuj ke daerah tekanan dara rendah yang mengelilinginya.

Angin Fohn

Angin Fohn adalah angin yang turun dari lereng pegunungan. Angin tersebut bersifat kering dan panas. Hal ini dapat terjadi karena udara yang turun mendapatkan pemanasan secara dinamis. Bersamaan dengan itu, kelembaban nisbi turun dengan cepat, sehingga udara yang mencapai dataran merupakan udara panas dan kering. Angin fohn disebut juga sebagai angin jatuh atau angina pi. Di daerah laut tengah angin fohn dinamai sirocco, di Argentina dinamai Zanda, dan di Amerika Serikat bagian barat dikenal dengan nama Chinook. Berikut beberapa angin fohn  yang ada di Indonesia.
  • Angin Gending, di daerah Probolinggo dan Pasuruan, Jawa Timur.
  • Angin Kumbang, di daerah Tegal, Brebes (batas sebelah barat Jawa Tengah) dan di Cirebon (batas sebelah timur Jawa Barat).
  • Angin Brubu, di daerah Makassar (Makassar, Sulawesi Selatan).
  • Angin Wambrau, di daerah Biak (Papua/Irian Jaya).
  • Angin bahorok, di daerah Deli (Sumatera Utara).
  • Angin Puyuh, di daerah Sangir-Talaud (Sulawesi Utara) dan di Pulau Rote (Nusa Tenggara Timur).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s